Transportasi Publik

TRANSPORTASI PUBLIK

Transportasi public tentunya alat transportasi yang digunakan oleh masyarakat saat ini. Dan saat ini, perlatan transportasi sudah sangat canggih dan jarak bukanlah suatu masalah , kemanapun kita suka dan sejauh apapun jaraknya kita dapat menempuh dan tidak membutuhkan waktu yang cukup lama. Dan jika melihat transportasi Indonesia itu cakupannya terlalu besar. Maka disini saya hanya akan mengamati alat-alat transportasi yang digunakan di daearah Yogyakarta, daerah dimana saya tinggal saat ini. Dahulu daerah jogja banyak yang menggunakan sepeda sebagai alat transportasi, ya…walaupun sampai saat ini masih sering terlihat masyarakat yang menggunakan sepeda sebagi alat transportasi.

Di jogja, alat transportasi yang lebih banyak  yang digunakan yaitu  kendaraan bermotor dibandingkan dengan kendaraan lainnya. Karena dibandingkan dengan kendaraan lain, motor termasuk kendaraan yang cukup praktis dan harganya dapat dijangkau oleh kalangan pelajar ya…walaupun masih banyak juga mahasiswa yang banyarnya nyicil,he……ya,karena buat ngurus kredit juga sangat mudah.

beberapa Alasan memilih kendaraan bermotor di bandingkan yang lain :

  • Harga BBM yang menurun
  • Dapat menghemat waktu
  • Praktis digunakan
  • Kendaraan lain dianggap lebih mahal, apalagi untuk orang-orang luar jawa yang tidak menawar dengan bahasa jawa. Akan menjadi sasaran penipuan harga.
  • menghemat pengeluaran, misalnya untuk transport bis kita mengeluarkan uang kurang lebih 6000 (pulang-pergi), tetapi dengan dana yang sama dapat membeli bensin untuk jarak tempuh yang lebih jauh.

Tetapi banyak juga masyarakat, yang menggunakan bis seperti Transjogja. Transjogja, adalah salah satu alat transportasi yang beroperasi di yogyakarta. Alat transportasi yang terbilang baru ini, mengapa di bilang baru karena operasinya di mulai tahun 2008. Sangat mempunyai kelebihan yang membuat masyarakat memilih menaiki bus ini, yaitu dari segi keamanan dan kenyamanan, terkesan eksklusif, suasana yang kondusif. ya walaupun bis yang ada di jogja termasuk sangat bagus dan eksklusif tetapi banyak juga hal yang positif dengan adanya kendaraan bermotor atau kendaraan yang menggunakan mesin dalam pengoperasiannya, dan dianggap lebih praktis.

Memang setiap individu memiliki pendapat yang berbeda-beda tentang kendaraan yang ada saat ini.  dan perlu di ingat bahwa setiap kendaraan atau alat transportasi memiliki kelebihan dan kekurangan.

Dan kasus yang sangat berhubungan dan yang paling sering terjadi dengan alat transportasi yaitu kecelakaan Tetapi dari semua alat transportasi yang ada, kendaraan bermotor lah yang paling rawan terhadap kecelakaan. Banyak sekali terjadi kasus-kasus kecelakaan, saya contohkan yaitu salah satu anggota jemaat di gereja saya. Waktu lebaran, ia bersama anak dan suaminya pulang kampung kesalah satu daerah tempat orang tua nya berada. Saat itu ia bersama anak dan suaminya mngendarai motor. Motor yang dikendarainya itu tiba-tiba di serempet oleh motor lain dari arah yang berlainan, dan ini membuat motor yang ditumpanginya oleng sehingga ia dan anaknya jatuh dari motor dan waktu ia jatuh ternyata kakinya tepat dibawah sebuah bis dan tanpa sepengetahuan bis, kaki ibu dari seorang anak ini terlindas oleh ban sebuah bis. Dan setelah dirawat beberapa bulan, telah di operasi juga dan mengeluarkan biaya yang cukup banyak, akhirnya dokter mengatakan bahwa kakinya memang harus di amputasi, tidak ada cara lain. Dan  seharusnya peristiwa seperti ini tidak harus terjadi jika kita hati-hati dalam berkendara.dan harapannya hal ini dapat membuat kita semua yang menggunakan kendaraan apapun juga, baik bermotor, sepeda dan alat transportasi yang lainnya dapat lebih berhati-hati lagi. Okey!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s