Fenomena Bunuh Diri

Fenomena Bunuh Diri

Fenomena bunuh diri yang akhir-akhir ini marak dilakukan dan bunuh diri di anggap sebagai solusi terbaik untuk menghadapi suatu permasalahan. Hal ini membuktikan bahawa sebbenarnya ada sesuatu yang salah dan harus diperbaiki baik dalam lingkungan keluarga, dunia pendidikan dan juga masyarakat. Karena setiap individu mengalami perkembangan yang di pengaruhi oleh lingkungan baik itu lingkungan keluarga , pendidikan dan juga masyarakat sekitar di mana individu tersebut berada. Lingkungan keluarga adalah tempat pertama dimana seorang anak/individu mengawali proses sosialisasi dan mulai mengenal siapa dirinya dan hal ini terus tumbuh berkembang sampai seseorang terbentuk kepribadiannya secara utuh. Apa sih arti kepribadian ??? Kepribadian adalah keseluruhan perilaku individu yang merupakan hasil interaksi antara potensi-potensi bio-psiko-fisikal yang terbawa sejak lahir dengan rangkaian situasi lingkungan, yang terungkap pada tindakan dan perbuatan serta reaksi mental dan psikologisnya, jika mendapat rangsangan dari lingkungan (N Sumaatmadja, 1996:29).

Jika dilihat dari teori yang ada, salah satunya  yaitu teorinya Durkheim yang tekenal dengan teori SUICIDE atau Le Suicide , bunuh diri adalah gejala sosial. Durkheim bermaksud untuk menyelidiki sampai sejauh mana dan bagaimana individu-individu dalam masyarakat modern masih menjadi tergantung dan berada di bawah pengaruh masyarakat. Bunuh diri ada kaitannya dengan tiga faktor, yaitu predisposisi psikologi tertentu, faktor keturunan dan kecenderungan manusia untuk meniru oranglain. Durkheim menguraikan tiga tipe bunuh diri, yaitu bunuh diri egoistik, bunuh diri altruistik, dan bunuh diri anomis.

Akhir-akhir ini, fenomana bunuh diri pun sangat menarik untuk dikaji dan di perhatikan karena pelaku bunuh diri ini bukan hanya orang dewasa saja melainkan remaja dan anak-anak. Bunuh diri saat ini tidak hanya dilakukan ditempat-tempat yang sepi dan tertutup melainkan jika di perhatikan ada beberapa kasus bunuh diri yang sengaja dilakukan di mal-mal, terjun dari apartemen dan ada juga yang melakukan bunuh diri dengan meminum racun serangga, apa rasanya coba????hem…pasti gak enak banget dooonkkk!!!he…..he…

Beberapa kasus bunuh diri seperti Calon Bupati yang telah gagal dalam Pilkada, seperti kita ketahui bahwa beberapa waktu yang lalu Pilkada sangat ramai dengan calon-calon yang reala menjual seluruh harta yang ada samapai hutang sana-sini untuk modal saat kampanya…ya enak sih buat yang keterima nah buat yang gak mendapatkan suara tebanyak atau kalah dalam Pilkada sedangkan hutang disana-sini,,gimana gak pusing dan STRESS Berat, bagi yang bisa menerima kekalahan sebagai kenyataan yang tetap harus di hadapi dan mencari solusi yang terbaik selain harus mengakhiri hidupnya karena hutang yang banyak dan rasa malu yang begitu besar. Satu lagi, seorang siswi Sekolah Menengah Umum di Tangerang bunuh diri karena tidak di belikan Telepon Selular oleh orangtuanya. Dan masih banyak lagi kasus-kasus bunuh diri. Sebenarnya setiap manusia mengalami permasalahan yang pastinya berbeda-beda tiap orang/individu ya Tuhan pasti memberikan masalah atau cobaan sesuai dengan kemampuan kita, tidak mungkin TUHAN memberikan masalah yang tidak ada jalan keluarnya..so,,,sadarilah bahwa kita sebagai manusia mempunyai keterbatasan dan kita memerlukan pertolongan baik dari teman, sahabat, keluarga dan yang paling bisa memberikan kita solusi yaitu TUHAN.

Seharusnya kita semua ingat, bahwa semua yang hidup suatu saat nanti akan mengalami yang namanya kematian, jadi tanpa bunuh diripun setiap orang pasti akan mati. Betul nggak???? Jadi masalah apapun yang kita hadapi dan alami  sesulit apapun…percaya deh…pasti ada jalan keluarnya kok!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s